Senin, 26 Januari 2009

3 PANDANGAN MANUSIA TERHADAP KEMATIAN


  1. Mati itu adalah mati tidak ada apa-apa lagi untuk selanjutnya, tidak akan dihidupkan kembali, tidak akan ada pemeriksaan di alam kubur, tiada siksaan atau kenikmatan kubur dan bahkan pembalasan di hari akhirat pun tiada. Matinya manusia itu seperti matinya tumbuh-tumbuhan saja, atau rusaknya benda.


  1. Di alam kubur tidak ada siksa atau kenikmatan, kecuali nanti setelah hari kiamat.


  1. Mati adalah perubahan keadaan, berpisahnya roh dari jasad. Alam kubur/alam barzah ialah alam sesudah mati, alam pemisah dunia dan akhirat. Di sana roh akan menerima siksaan atau kenikmatan.

Sesuai yang saya pelajari, saya memandang kebenaran yang ketiga. Jika kita mau aman, patut juga kita memilih yang ketiga. Dengan asumsi, jika kita sudah berbuat dan beramal sesuai tuntunan agama, kemudian tidak ada siksa kubur atau akhirat, kita aman. Kalau ternyata ada, kita telah mempersiapkannya. Apa pun pendapat Anda. Kita akan mengetahui jawabannya ketika mati.


Sumber : Ada Apa Setelah Mati : H.Moch Anwar, dengan perubahan ( PT. ALMA’ARIF 1986 )

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Jawaban semuanya pada saat mati ya

Blog Bisnis mengatakan...

Ya cukup memahami sebuah "innalillahi wainnaillaihiroji'un"darinya di datang dan kepadanya di kembali, salam hangat dari BBM mas sudah lama tidak berkunjung